Yang Kamu Harus Ketahui, Bedanya Irit dan Pelit!

Inspirasi IritLeave a Comment on Yang Kamu Harus Ketahui, Bedanya Irit dan Pelit!

Yang Kamu Harus Ketahui, Bedanya Irit dan Pelit!

Halo Sobat Irit! Disini bersama Mingil yang siap menemani kalian semua. Eh btw hadirnya aku disini siap melengkapi warna – warna untuk harimu hehehe. Ngomongin soal hidup, satu hal yang Mingil bilang semua kita tak bisa kita pungkiri, MATERI. Materi? Iya kamu alasan utama aku untuk isi kuota, maap salah server. Hehe. Jadi materi itu ialah hal yang kita tak bisa pisahkan dalam kehidupan sehari – hari layaknya doi. Sehari tanpa notif dari dia dunia terasa hampa. Eh, emang contohnya apa kalo kita hidup beriringan dengan materi? Yaaa kayak mau makan harus pake duit, minum harus pake duit bahkan boker sekalipun sama. Padahal kita hidup itu harus lebih bisa seefisien mungkin, ya bahasa sederhananya NGIRIT.

Ngil… ngil? Eh apa? Katanya temenku bilang ngirit itu sama aja dengan pelit? SALAH BESAR. Ya kalo ngirit ya ngirit kalo pelit ya pelit. Jelasin yang bener dong bacok nih lama-lama.

Nih jadi pengertian menurut Mingil mengenai dua hal ini, Jadi Irit itu ialah sifat. Nah kalo mengirit itu adalah suatu tindakan yang mana ketika kita memilah barang untuk dibeli itu benar – benar memperhitungkan dari segi aspek kualitas, harga, kegunaanya dan budget yang ia punya.  Namun, ketika kita bicara soal Pelit, ialah tindakan dimana seseorang menginginkan hal yang baik dari yang terbaik untuk semua urusan, tanpa memperhitungkan entah soal kegunaannya, bentuknya pokoknya ia ingin dengan mengeluarkan budget yang minim. Serupa tapi tak sama. Memang memahami bedanya irit dan pelit ini adalah hal yang membingungkan. Seperti lelaki yang dituntut memahami sandi yang diberikan oleh para wanita. Mingil disini akan menjelaskan lebih jauh perbedaan keduanya. Jadi apa bedanya irit dan pelit? Mari disimak contoh-contohnya.

Saat Memberi

Bedanya Irit dan Pelit

Jadi bagaimana caranya kita tahu dengan hanya dari cara orang memberi? Bisa dong. Sangat gamblang malah jika kamu perhatikan baik-baik. Orang irit ini akan memberi sesuai dengan kondisi mereka dan kemampuan yang dimiliki. Walaupun dikit, setidaknya mereka memberi. Nah, sedangkan untuk orang pelit mereka ini tidak ada niat untuk memberi. Jika itu terjadi, mereka akan terus mengungkit-ungkit kebaikannya. Layaknya masa lalu yang setiap waktu menghantui.

Yang Dirasakan dalam Hati

Bedanya Irit dan Pelit

Orang yang pelit akan selalu dibayang-bayangi ketakutan di hidupnya karena mantan. Eh kok mantan sih. Maksudnya mereka akan terus ketakutan dalam hidup kalau-kalau hartanya habis. Nah berbalik dengan orang yang mempunyai prinsip irit, hidup mereka merasa aman, tentram dan sejahtera. Karena? Ya karena mereka tidak terlalu ambil pusing dan khawatir akan soal harta benda. Karena mereka tidak menghabiskan uang untuk hal – hal yang menurut mereka itu dirasa tak penting. Mereka punya rencana yang jelas terkait keuangan pribadinya.

Pandangan Hidup

Bedanya Irit dan Pelit

Kalau orang yang punya prinsip irit dalam hidupnya, mereka itu memfokuskan diri untuk bagaimana caranya agar bisa menabung. Bagaimana agar dapat menekan pengeluaran secara rasional. Sedangkan orang pelit itu bedanya hal yang paling diutamakan hanya bagaimana caranya biar nggak ngerasa rugi. Bahkan koneksi internet buat buka Instagram aja kudu tethering dari temen.

Pemikiran

Bedanya Irit dan Pelit

Orang yang menerapkan prinsip dalam hidupnya pastinya adalah sosok orang yang strategis. Ya bagaimanapun mereka memiliki banyak strategi untuk melakukan apapun. Entah gimana dia melakukannya. Karena pada dasarnya mereka beranggapan seperti ini

Banyak jalan menuju ngirit”

Berbanding terbalik dengan orang yang pelit. Mereka punya sifat yang lebih condong ke arah egois, mengapa? Karena mereka hanya memikirkan keuntungan untuk diri mereka sendiri dan juga nggak mau rugi.

Perencanaan Hidup

meme

Pada dasarnya orang yang memiliki prinsip irit, mereka sudah memiliki target yang terencana. Semisal nih, Juned minggu ini menargetkan pengeluarannya sebesar Rp.100 ribu. Nah karena dia sudah menargetkan sejumlah itu jadi Juned tidak akan mengeluarkan lebih dari segitu karena dia memegang teguh visi dan misi nya sendiri. Beda kalo dengan orang pelit, yang visi misinya nggak mau rugi, kalo dia bisa, kenapa harus kita?

Daripada uang buat beli, mendingan minta saja kan lebih enak.” ujar tersangka.

Cara Merespon

Bedanya Irit dan Pelit

Orang-orang akan merasa kesal dan akan menjauhi orang yang memiliki sifat pelit. Karena pada dasarnya mereka itu bisa dibilang egois! Mana ada orang yang berteman sama orang yang punya sifat kayak gitu. Bedanya dengan orang yang ngirit, mereka tidak akan membuat kesal karena sifat nya tidak merugikan dan baik untuk diri sendiri lho.

Cara Bersenang-senang

Joker

Terukur bukan berarti sama sekali tidak, itulah pemikiran orang yang irit. Mereka sewaktu-waktu melakukan kegiatan yang tujuannya untuk menghibur diri-sendiri. Dengan catatan mereka melakukan itu secara terukur. Dari segi pengeluaran, apakah itu pantas dilakukan. Kemudian juga sebanding dengan harganya atau tidak. Untuk orang pelit, misalnya mereka baru gajian nih, rmereka nggak mau mengeluarkan uang sepeser pun. Karena rasanya tidak worth it kalau uangnya dikeluarkan hanya untuk membahagiakan diri mereka sendiri. jadi mereka hanya tetap berdoa saja bagaimana hidup mereka bisa bahagia.

Jadi udah tau kan bedanya irit dan pelit itu. Kita boleh irit tapi jangan sampai pelit. Karena irit tujuannya membawa dampak positif. Irit atau hemat perlu dilakukan. Agar kita tak akan dibuat bengong di kemudian hari. Tetapi, poinnya adalah jangan sampai kebiasaan kita menjadi terlalu berlebihan.  Karena apapun yang berlebihan walaupun tujuanya positif akan menjadi buruk kedepannya. Hemat berlebihan bisa-bisa menjadikan kita orang yang kikir.

Akhir kata, salam Admin Mingil!

Sumber Meme:

Know Your Meme & 9GAG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
WhatsApp chat
Irit Club
%d bloggers like this: