Tips Menarik Mengatur Keuangan Pribadi

Tips Menarik Mengatur Keuangan Pribadi 4
Tips IritLeave a Comment on Tips Menarik Mengatur Keuangan Pribadi

Tips Menarik Mengatur Keuangan Pribadi

Ayo akui berapa kali gaji yang ada habis begitu saja sebelum akhir bulan. Berapa kali kamu selalu saja gagal untuk irit? Akhirnya Hidup ketar-ketir setiap bulan karena kurang pandai mengatur keuangan. Kerja keras yang sudah dijalani pun rasanya tak membuahkan hasil yang memuaskan. Kesulitan mengatur keuangan sudahlah menjadi momok bagi masyarakat modern. Gamau kan terus-terusan dompet jebol setiap bulannya karena kurang irit? Nah, berikut cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan pribadi sehari-hari , simak!

  • Gunakan rumus 40-30-30

Ternyata ada lho rumus yang memudahkan kamu mengatur keuangan bulanan. Nih mimin kasih rincian rumus keuangan 40-30-30:

  • 40% untuk pengeluaran rutin, biaya makan, listrik, transportasi, belanja bulanan, dan lainnya
  • 30% untuk cicilan utang
  • 30% untuk investasi atau menabung

Sebagai tips nabung harus dilakukan di awal. Prioritaskan menabung dahulu barulah melakukan pembelanjaan lainnya.

  • Lacak pendapatan dan pengeluaran

Seringkali kita tidak mengetahui kemana saja uang kita dihabiskan. Tanpa disadari pengeluaran kita bahkan sering melebihi pendapatan yang kita sebulan. Repot kan kalau ini terjadi terus menerus? Mudahnya kamu bisa mengatur keuangan dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Berikut adalah aplikasi-aplikasi yang bisa kamu gunakan :

  • Money Lover Expense Manager
  • MoneyControl Expense Tracking
  • Toshl Finance Budget & Expense
  • Uang Ku – Expense Tracker
  • Monefy – Money Manager

Lumayan banyak pilihannya bukan? Tak lupa kamu juga bisa mereview lagi setiap pengeluaran kamu. Alangkah baiknya bila ada pengeluaran yang ternyata bisa ditekan dan dana nya bisa kamu alokasikan untuk investasi.

Selamat mencoba guys!

  • Memiliki dua atau lebih rekening bank

Kamu bisa memiliki 2 atau lebih rekening bank untuk memudahkan mengatur keuangan. Gunakanlah 1 rekening untuk menerima gaji, belanja, dan juga membayar tagihan. Sementara rekening lainnya bisa kamu gunakan khusus untuk menabung.

  • Gunakan kartu kredit dengan bijak

Banyak promo-promo, point rewards, dan cash back yang didapatkan dengan melakukan pembayaran melalui kartu kredit.Kartu ini memudahkan hidupmu bila dipergunakan dengan baik. Namun pastikan kamu membayar kartu kredit setiap bulannya atau bunga bisa membengkak lho.

  • Miliki asuransi  
Character of a family holding an insurance illustration

Asuransi merupakan  pelindung dari kebangkrutan. Apabila suatu saat (amit-amit tapi ya guys) mengalami suatu kecelakaan atau kamu mengidap penyakit keras, asuransi dapat menjadi penolongmu tanpa membuat dompetmu jebol.

  • Mengubah jam belanja

Kapan sih biasanya orang-orang berbelanja dan menghabiskan uang mereka? Pastinya saat weekend bukan? Bila kamu termasuk dalam grup orang-orang ini ada baiknya kamu mengubah waktu belanja kamu. Berbelanja bisa dilakukan di hari biasa mungkin sepulang dari kantor.Selain membatasi waktumu berbelanja, sekarang kamu tidak lagi tergiur oleh diskon-diskon di akhir pekan. Diskon memang menguntungkan, namun terkadang kita menjadi lapar mata dan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

  • Cobalah untuk Selalu Membandingkan

Ketika hendak membeli barang ada baiknya bila kamu membandingkan harga terlebih dahulu. Tak perlu mengunjungi toko-toko secara fisik. Zaman modern ini internet adalah segalanya dengan mengandalkan smartphone kamu dapat membandingkan harga yang sesuai dengan kantong.

  • Bawa uang cash secukupnya
Tips Menarik Mengatur Keuangan Pribadi 5

Ini adalah salah satu langkah mudah untuk dipraktekkan bukan? Bertranksaksi dengan uang tunai adalah cara yang paling mudah dilakukan di berbagai tempat.Bila kamu membawa uang dalam jumlah terbatas kamu pun akan berpikir ulang untuk menghabiskannya. Keuangan kamu pun terselamatkan.

  • Buat Skala Prioritas

Memisahkan prioritas kebutuhan juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Pisahkan mana kebutuhan yang benar-benar mendesak dan mana kebutuhan yang bisa kamu tunda. Mengatur keuangan dengan cara ini bisa benar-benar membantumu

  • Beli barang bekas yang masih bermanfaat

Buang jauh-jauh rasa gengsi dan tanamkan rasa rendah diri bila kamu ingin keuanganmu terselematkan. Berbagai barang bekas yang masih bermanfaat bisa menjadi solusi untuk kamu. Bila kamu pintar memilih barang bekas, banyak kok barang yang bermanfaat dengan harga yang pastinya juga relatif murah.

  • Memilih mana kebutuhan dan keinginan

Cermati kembali kebutuhan dan keinginan kamu. Kadang kala keinginan berkamuflase menjadi kebutuhan kita yang harus dipenuhi, namun kamu harus mulai cerdas memilah. Keinginan bisa kamu kesampingkan karena hanya akan membuatmu boros saja.

  • Membuat anggaran

Anggaran bulanan ternyata berperan penting untuk mengatur keuangan kamu. Buatlah estimasi jumlah pengeluaran kamu untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, kebutuhan transportasi, biaya listrik, kebutuhan kesehatan, dll.

  • Melakukan evaluasi

Evaluasi dibutuhkan untuk mengetahui berapa besar kebutuhan pengeluaranmu setiap bulannya. Ada baiknya bila evaluasi dilakukan secara rutin setiap akhir bulan ataupun awal bulan berikutnya. Dengan cara membandingkan anggaran dan pengeluaran yang terjadi selama satu bulan kamu dapat melakukan evaluasi. Apabila pengeluaran kamu lebih kecil dari anggaran yang kamu buat tidak ada salahnya jika kamu memperkecil anggaran untuk bulan depan.

  • Simpan bonus yang didapat

Naik gaji atau mendapatkan bonus dari kantor tentulah hal menyenangkan namun sebenarnya tak perlu dirayakan. Kebanyakan orang akan menggunakan keuntungan ini untuk bersenang-senang di awal namun bisa jadi menangis kemudian. Maka dari itu lebih baik mengalokasikan dana seperti rencana awalmu dan kelak pasti akan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
WhatsApp chat
Irit Club
%d bloggers like this: