Menabung di usia muda dengan gaji minim

menabung di usia muda
Tips IritLeave a Comment on Menabung di usia muda dengan gaji minim

Menabung di usia muda dengan gaji minim

gambar 1

Menabung di usia yang masih muda memang rasanya sulit banget kan? Gaji pun masih minim dan rasanya belum ada tanggungan yang harus dipenuhi. Belum punya anak dan istri sehingga uang yang kita hasilkan seringkali tidak digunakan menabung untuk masa yang akan datang. Umur awal 20-an kamu pastilah masih fresh graduate dan mungkin baru saja bekerja sehingga gaji pun masih tergolong minim atau mungkin dibawah UMR.

Menabung memang terlihat sederhana namun tidak mudah apalagi menabung di usia muda. Menahan godaan untuk membeli barang yang bukan merupakan kebutuhan tetapi hanya keinginan belaka selalu kita hadapi. Menabung itu punya banyak keuntungan guys. Uang hasil tabungan bisa kamu  investasikan, untuk DP mobil, ataupun DP rumah. Uang yang kamu miliki menjadi lebih bermanfaat bukan hanya dihambur-hamburkan begitu saja. Masih malas menabung? Jangan jadikan pendapatan minim alasan untuk tidak menabung ya.

Kenapa sih harus menabung di usia muda? Berikut alasannya:

  • Demi masa depan yang lebih cerah
gambar 2

Kita pasti mempunyai rencana kedepan untuk hidup kita kedepannya, namun masa depan memang terkadang selalu mengejutkan dan tak bisa diprediksi. Buat kamu yang masih berusia 20-an harus banget nih menabung untuk kebutuhan-kebutuhan darurat ataupun kebutuhan besar lainnya yang kelak akan menjadi bagian dari hidupmu

  • Untuk pergi berlibur
gambar 3

Bekerja terus menerus pastilah membosankan dan melelahkan. Sekali-kali setiap manusia pasti membutuhkan liburan untuk refreshing. Sayangnya, liburan yang nyaman dan asik butuh biaya yang terkadang tidak sedikit. Bila kamu gemar menabung semenjak usia muda, kamu tidak akan berat mengeluarkan biaya untuk liburan yang mungkin sudah kamu rencanakan dari jauh-jauh hari.

  • Mengatasi kondisi darurat
gambar 4

Banyak kondisi yang terjadi dan itu semua diluar perkiraan. Misalnya tiba-tiba kamu jatuh sakit dan harus dirawat inap ataupun mengalami kecelakaan sehingga kendaraan mu rusak parah. Hal ini dapat menjadi lebih parah bila kamu tak memiliki tabungan untuk menyelesaikan semuanya. Inilah mengapa menabung itu diperlukan.

  • Memperbesar kesempatan investasi
gambar 5

Masih muda dan ingin berinvestasi? Bisa kok! Sekarang ini anak muda sudah mulai belajar untuk berinvestasi. Bagaimana cara berinvestasi? Untuk langkah awal pastinya kamu harus bisa menabung terlebih dahulu. Tabungan inilah yang nanti menjadi modal awal kamu untuk investasi. Investasi bisa bermacam-macam, seperti membeli emas, KPR rumah, ataupun menanam saham.

  • Menghindari hidup hedonisme
gambar 6

Menabung semenjak muda menjadikan kamu pribadi yang mengerti tentang hidup hemat dan sederhana. Bisikan-bisikan boros bisa dihindari dalam hidupmu. Kamu juga bisa lebih menghargai uang apalagi kalau kamu sudah merasakan bagaimana lelahnya bekerja. Hidup hedonisme dan berlebihan hanyalah malapetaka untuk rencana masa depan kamu yang sudah kamu impikan.

Gimana? Menabung punya banyak manfaat kan untuk hidup kamu? Berikut ini mimin kasih juga tips-tips menarik untuk selalu menabung demi masa depan kamu!

Simak!

  • Jangan menyisihkan tapi prioritaskan
gambar 7

Kamu sudah harus memiliki prinsip bahwa setiap bulan menabung adalah prioritas. Bila kamu hanya menerapkan prinsip menyisihkan akan sulit kedepannya untuk terus menabung secara konsisten. Buatlah 4 pos saat kamu merencanakan prioritas. 1. pos menabung 2. Pos digunakan 3. Pos disumbangkan 4. Pos dikembangkan.

  • Mencatat pengeluaran
gamabr 8

Mencatat semua pengeluaran adalah cara untuk menabung yang benar. Kamu harus pintar memantau ke mana saja uang yang dihabiskan setiap bulan. Ada cara mudah untuk melakukan hal ini, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang ada di Play Store  atau App Store. Sekarang kamu bisa mengetahui berapa besar uang yang kamu belanjakan setiap bulannya.

Setelah kamu mempunyai data, kamu bisa menentukan berapa banyak uang yang kamu pakai untuk kebutuhan setiap bulan.

  • Mencari sumber penghasilan tambahan
gambar 9

Gali lagi lebih dalam tentang potensi diri kamu. Mungkin kamu pintar bernyanyi, suka fotografi, suka menulis, ataupun senang berkendara, atau hobi-hobi lain yang kira-kira bisa menghasilkan uang. Bila weekend  tiba kamu bisa juga mengisi waktu kosong ini untuk bekerja sambilan, misalnya menjadi waiter di restoran atau bahkan menjadi driver grab atau gojek. Selain waktu luang kamu menjadi lebih produktif.

  • Jangan malu membawa bekal
muda 10

Jika hendak menabung maka jangan malu untuk selalu membawa bekal. Selain lebih murah, kamu juga bisa lebih sehat, karena makanan yang kamu bawa terjamin kebersihannya dibanding jajan di luar. Uangmu pun menjadi utuh karena tidak harus mengeluarkan biaya lebih untuk makan siang. Usahakan juga selalu membawa air minum (air putih) karena selain sehat kamu juga jadi tidak tergiur lagi membeli minuman dingin lainnya yang bakalan buat dompet kamu menipis. Sekarang uang kamu bisa digunakan untuk menambah tabungan kamu.

  • Bawa uang sesedikit mungkin
gaji 11

Ketika kamu membawa uang berjumlah sedikit, kamu tidak akan mudah tergoda untuk cepat-cepat menghabiskan uang di dompet. Bawalah uang beberapa puluh ribu di dompet. Bawalah juga satu kartu kredit untuk keperluan berbelanja misalnya di swalayan. Namun, jangan tergiur untuk selalu mengenakan kartu kredit, hindarilah sebisa mungkin atau tagihan di akhir bulan akan membengkak.

  • Ingat niat dan tujuan awal menabung
menabung 12

Ada kalanya kamu akan merasakan jenuh, putus asa, dan merasa tak sanggup lagi untuk menabung. Ingatlah kembali niatmu dan tujuanmu menabung untuk apa. Dengan menguatkan tekad dan mengingat kembali tujuanmu, diharapkan kamu menjadi terpacu lagi untuk menabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
WhatsApp chat
Irit Club
%d bloggers like this: