26 + 1 Ide Bisnis untuk Menambah Penghasilan di Jakarta

Rekomendasi IritLeave a Comment on 26 + 1 Ide Bisnis untuk Menambah Penghasilan di Jakarta

26 + 1 Ide Bisnis untuk Menambah Penghasilan di Jakarta

Hidup di Jakarta dengan penghasilan tidak seberapa memang jadi tantangan tersendiri. Cara paling mudah agar bisa bertahan tentu saja dengan mengelola keuangan secara bijaksana. Termasuk menerapkan prinsip hidup hemat. Tapi kalau ternyata pengeluaran tidak bisa ditekan, jalan satu-satunya adalah menemukan ide bisnis untuk menambah penghasilan Yah, namanya juga karyawan newbie, masa baru kerja sudah minta naik gaji. Bisa-bisa digetok sama atasan.

Jangan sedih dulu, jangan memutuskan pulang kampung terus menggembala kambing. Mending kita cari ide untuk menambah penghasilan di luar gaji kantor. Khususnya Sobat Irit yang tinggal di Jakarta, banyak  peluang  untuk menambah pemasukan. Simak baik-baik, lalu terapkan. 

Ide Bisnis untuk Menambah Penghasilan di Jakarta
Sumber Gambar : Pixabay

1. Menjadi Youtuber

Kalau Sobat Irit punya hobi nonton Youtube, nggak ada salahnya mencoba untuk menambah pundi-pundi keuangan dengan cara membuat channel Youtube. Mulailah dari konten yang merupakan passion Sobat Irit semua. Ada juga beberapa ide dari Mimin seperti membuat channel review, membuat channel vlog, membuat channel kecantikan, membuat channel travel, tapi jangan membuat channel prank ya.

2.Jasa Perbaikan Smartphone

Kalau ide bisnis yang satu ini dikhususkan bagi kamu Sobat Irit yang menyukai teknologi. Tahukah kamu bahwa sebenarnya internet juga bisa kamu gunakan sebagai modal utama bisnis lho. Nah, dalam bisnis jasa perbaikan smartphone ini kamu hanya tinggal melihat tutorial yang banyak bertebaran di Youtube. Sambil mendapatkan uang dan membangun skill kamu. Beruntungnya, saat ini kamu bisa menemukan suku cadang smartphone tersebut dengan mudah di berbagai marketplace dengan harga yang sangat terjangkau.

Ide Bisnis untuk Menambah Penghasilan di Jakarta
Sumber Gambar : Pixabay

3.Dropship

Bisnis toko online merupakan bisnis yang termudah yang dapat dilakukan Sobat Irit di era digital. Hanya bermodalkan akun e-commerce, kamu bisa memulai semua dengan modal dari Rp.0,- lho. Bisnis dropship ini hanya mengharuskan kamu membuat konten semenarik mungkin. Dan menyediakan media promosi tanpa kamu harus khawatir tentang masalah stok barang dan juga pengiriman. Keuntungan atau profit dari bisnis ini juga bisa kamu tentukan sendiri lho. Belum lagi kamu mendapatkan time freedom.Sehingga tidak mengganggu aktivitas utamamu seperti ngantor. 

4.Bisnis Reseller

Dalam bisnis reseller biasanya kamu membeli sesuatu yang baru keluar dan menjualnya ke pasar dengan harga yang lebih tinggi karena kebutuhan pasar yang naik. Contoh bisnis tipe ini yaitu bisnis sneakers branded. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal terlalu besar. Asalkan kamu memiliki audience yang tepat saat kamu memasarkan barang. Tips dari mimin carilah terlebih dahulu audience yang kamu incar baru tentukan barang yang kamu mau reseller. 

5.Bisnis Jastip 

Nah kalo ini biasanya buat Sobat Irit yang suka jalan-jalan pasti sudah sering mendengar bisnis ini. Bisnis jastip alias jasa titip ini bisa Sobat Irit lakukan saat Sobat Irit akan pergi ke suatu tempat. Di tempat tersebut kalian bisa membelanjakan oleh-oleh kesukaan teman-teman kalian. Tentunya dengan menambahkan ongkos jastip. Akan tetapi bisnis ini mengharuskan kalian menyediakan space kosong di koper atau tas. Jadi pastikan kalian punya space cukup, terutama jika bepergian dengan pesawat. Sobat Irit harus menyiapkan bagasi yang diperlukan. Jangan sampai kelebihan berat ya. 

6.Bisnis Kerajinan

Bagi Sobat Irit yang memiliki keahlian di bidang seni pastinya kamu akan senang dengan tips yang satu ini. Karena selain keahlian kamu dapat menghasilkan uang.  Kamu juga bisa bekerja dimanapun dan kapanpun yang kamu mau. Apalagi di era digital seperti sekarang adanya dukungan dari e-commerce dan social media, membuat hasil kerajinan tangan kalian semakin dilihat oleh jutaan orang yang ada di Indonesia bahkan di dunia lho.

7.Private Tutor

Kalau kamu memiliki keahlian apalagi yang dalam bidang akademik, bisnis yang satu ini sangat cocok untuk dilirik. Khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Banyak sekali orang tua murid yang mencari guru les pelajaran sekolah demi kelancaran prestasi akademik anaknya. Hal ini yang dapat kamu monetisasi karena kamu bisa mendapatkan uang kapanpun kamu mau lho. Belum lagi sekarang banyak platform les privat secara online, coba saja kamu ajukan lamaran ke tempat-tempat tersebut.

8.Desain Grafis

Kalau Sobat Irit memiliki hobi desain apa salahnya melirik desain grafis sebagai penghasilan tambahan. Sobat Irit bisa memulai dengan menonton tutorial yang ada di internet secara gratis. Lalu mulai membuat portofolio sambil mendapatkan uang. Kelebihan dari pekerjaan ini adalah kamu bisa melakukannya di luar jam kantor. Hanya saja duka dari bisnis ini adalah menghadapi klien yang minta revisi.

9.Menjadi Musisi

Musisi sekarang punya banyak kesempatan untuk dikenal. Menjadi musisi mungkin akan berat di awal saat lagumu belum dikenal orang, tetapi bila salah satu lagumu viral di dunia maya kamu bukan hanya menjadi seorang musisi tetapi kamu bisa menjadi public figure. Salah satu contoh sukses orang yang sukses di bisnis ini adalah Rich Brian. Bisnis ini juga sekarang semakin menjanjikan karena adanya platform pendukung seperti Soundcloud, Spotify, dan Youtube sehingga kamu tidak harus bergabung ke agensi tertentu bila mau memasuki ranah ini.

10.Bisnis Katering

Bisnis kuliner sering dianggap sebagai bisnis yang memerlukan uang yang sangat besar untuk memulai tetapi tahukah kamu bahwa semua hal itu hanyalah mitos belaka? Sobat Irit bisa memulai dengan berjualan paket bekal sehat ke teman-teman kantor, sehingga bisa dimulai dengan mudah dan murah. Kamu hanya harus memasak dengan porsi yang lebih besar di rumah.

11.Membuat Bisnis Rental Mobil

Memulai bisnis saat ini bukan lagi soal modal uang, tapi ide dan kreativitas. Ide terbaik yang selalu datang di saat krisis. Bukan masalah jika Sobat Irit belum punya cukup modal untuk membeli mobil karena kamu masih pegawai baru di kantor. Bukan berarti jalannya tertutup rapat. Ajak teman-temanmu untuk berkolaborasi. Terutama temanmu yang punya mobil namun jarang dipakai. Kamu bertugas sebagai orang yang mencari pelanggan, atau syukur-syukur bisa menyetir juga.

12.Copywriter

Copywriter adalah profesi dimana Sobat Irit dituntut untuk membuat copy atau kata-kata untuk kebutuhan advertising. Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi menulis. Bisnis ini juga bisa dijalankan dimana saja kapan saja. Jadi kamu mendapat uang sesuai banyak konten yang kamu hasilkan. Copy yang bagus adalah copy yang dapat membujuk pelanggan untuk membeli. Jika kamu merasa pintar merangkai kata, manfaatkan keahlianmu tersebut. 

13.Berjualan Barang Preloved

Apakah banyak barang milik Sobat Irit yang tergeletak di rumah? Bisnis ini akan menjadi pilihan yang terbaik bagi Sobat Irit semua. Kamu bisa mendapatkan uang sekaligus mengosongkan lemari dari barang yang sudah tidak terpakai lagi. Ajak juga teman-temanmu yang barangnya tidak terpakai untuk bergabung di lapakmu. Banyak aplikasi aplikasi khusus secondhand atau preloved yang bisa Sobat Irit gunakan lho. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai.

14.Menjadi Personal Trainer

Memiliki bentuk tubuh yang ideal bukanlah hal yang mudah, hal ini juga merupakan dambaan banyak orang. Dari sini kamu bisa mulai menawarkan jasa sebagai seorang personal trainer. Bisnis ini juga memiliki untung yang sangat tinggi lho karena kamu biasa akan dibayar per sesinya. Badanmu tetap sehat, uang tambahan pun mengalir lancar. 

15.Membuat Audiobook 

Meskipun belum terlalu populer, tapi audiobook merupakan salah satu media yang disukai orang untuk belajar atau menambah pengetahuan. Karena belum banyak orang yang memproduksi audiobook kamu bisa jadi salah satu yang bermain di bidang ini. Buat rekaman suaramu yang berisi pengetahuan atau cara membuat sesuatu. Bisa juga kamu membuat ceritamu sendiri, kemas semenarik mungkin. Lalu kamu jual secara online. Lebih bagus lagi jika kamu bisa bermitra dengan well known brand. 

16.Membuat Ebook Tutorial 

Jika kamu tidak terlalu pede merekam suaramu untuk didengar banyak orang, kamu bisa menjadi pembuat ebook. Banyak topik yang bisa kamu angkat. Ceruk pasar ini cukup layak dicoba. Apalagi tidak semua orang suka membeli buku fisik yang tebal dan berat. E-book dinilai cukup praktis karena bisa diunduh dan disimpan di smartphone. Jika punya keahlian desain maka kamu bisa mendesain ebook buatanmu dengan ilustrasi menarik. 

17.Social Media Admin 

Kesadaran brand atau instansi dalam membuat akun media sosial sudah mulai tumbuh. Tapi membuat kan tidak sama dengan mengelola. Yang susah justru membuat agar akun tersebut tetap hidup dan aktif. Jika kamu anaknya suka mainan media sosial, manfaatkan hobimu ini untuk menawarkan jasa mengelola akun media sosial. Kamu bisa melakukannya secara freelance jadi tidak mengganggu pekerjaan utamamu di kantor. 

18.Party Planner

Kalau kamu pintar menangkap peluang, jasa party planner saat ini mulai digemari masyarakat. Banyak acara perayaan di Indonesia yang membutuhkan pihak ketiga yang akan membantu mengatur persiapan acara mulai dari susunan acara hingga pernak-pernik yang dibutuhkan. Beberapa event tersebut antara lain sweet seventeen, engagement party, bridal shower serta baby shower. 

19.Kontributor Foto 

Suka motret? Hasil fotonya jangan cuma disimpan di harddisk saja. Dengan banyaknya situs-situs penyedia stok foto, kamu bisa menjual foto hasil jepretanmu. Fotonya juga tidak harus khusus diambil di tempat-tempat yang instagramable. Kamu bisa hunting foto di wilayah sekitar tempat tinggal atau tempatmu bekerja. Luangkan waktu di akhir pekan untuk mencari foto-foto bernilai jual tinggi. Hobi jalan sekaligus dapat penghasilan tambahan. 

20.Food Reviewer  

Kalau kamu suka banget makan, termasuk menjajal aneka kuliner unik kenapa tidak coba menjadi food reviewer. Kan daripada makan terus cuma jadi tumpukan lemak, mending kamu dokumentasikan apa yang kamu makan. Setelah itu bagikan penilaianmu ke orang lain. Media yang digunakan bisa bermacam-macam. Apakah kamu ingin memanfaatkan Youtube, menulis di blog atau mengunggahnya di Instagram. Pilih media yang paling kamu kuasai. Kesempatan jadi food reviewer terbuka lebar. Apalagi di Jakarta banyak banget kuliner mulai dari yang murah sampai mahal semuanya ada.  

21.Bisnis Laundry

Bisnis ini bisa dibilang bisnis yang tak ada matinya. Karena setiap orang pasti harus mencuci pakaian. Namun terkadang kesibukan jadi kendala. Terlebih lagi karyawan atau mahasiswa yang hobinya rebahan dan mager. Atau tidak mempunyai fasilitas untuk mencuci baju di kos. Jasa laundry dengan harga murah dan berkualitas menjadi incaran banyak orang. Jika belum punya modal, ajaklah teman atau saudaramu untuk membuka bisnis bersama-sama. 

22.Tour Guide Kota Jakarta 

Banyak turis asing yang berkunjung ke Indonesia, khususnya kota Jakarta. Tapi keterbatasan bahasa biasanya menjadi hambatan ketika melakukan perjalanan. Jika kamu punya kemampuan berbahasa Inggris yang baik, nggak ada salahnya untuk menjadi tour guide. Sobat Irit bisa mengajak mereka mengunjungi tempat bersejarah di Jakarta, mengunjungi pusat belanja dan mencicipi aneka kuliner khas Indonesia. Sebelumnya kamu harus mengenal baik lokasi-lokasi yang akan jadi tujuanmu. Nggak lucu dong kalau kalian sampai nyasar bareng-bareng. Kegiatan ini itung-itung menambah koneksi dari berbagai negara. 

23.Menjadi Influencer di Instagram

Era digital telah menciptakan banyak influencer yang saat ini menjadi pusat perhatian di media sosial. Seiring dengan menjamurnya platform media sosial dalam beberapa tahun terakhir, keberadaan influencer pun kian meningkat. Semua influencer yang terkenal saat ini memulai karirnya dari awal dengan mulai membuat kontennya sendiri. Ya, kesempatan menjadi influencer terbuka lebar bagi siapa saja. Kuncinya adalah konsisten membuat konten. Tentunya konten yang kamu buat harus berkualitas. 

Ide Bisnis untuk Menambah Penghasilan di Jakarta
Sumber Gambar: Pexels

24.Photobooth Event 

Saat ini, photobooth jadi salah satu sudut yang memeriahkan acara-acara penting. Tidak cuma hadir di resepsi pernikahan, talkshow, atau gathering. Sobat Irit bisa menawarkan jasa photobooth di acara reuni atau ulangtahun. Bila diperhatikan, ide bisnis ini menjadi peluang usaha yang cukup simpel. Tidak serumit menjadi fotografer pernikahan. Meskipun demikian, kalian harus tetap memaksimalkan kreativitas. Khususnya dalam hal desain frame, background, poster, serta aksesoris unik untuk penunjang. 

25.Jasa Sewa Pakaian 

Di Indonesia, jasa sewa pakaiannya biasanya identik dengan pakaian pengantin. Saat ini di Jakarta juga mulai ada bisnis rental fashion. Pakaian yang disewakan adalah pakaian rancangan desainer ternama atau berasal dari merek terkemuka. Sobat Irit juga bisa lho membuka bisnis sewa pakaian. Tapi mengambil celah pasar yang berbeda, yaitu sewa pakaian untuk para peserta tes CPNS. Biasanya waktu tes kan suka ada yang salah pakai kemeja, salah warna kerudung, salah sepatu. Kalian bisa menyewakan kemeja dan kerudung tuh. He he.
Kalau kamu dan teman-temanmu punya cukup banyak koleksi jas atau kebaya, kamu bisa memulai bisnis sewa pakaian wisuda. Jakarta adalah pasar yang sangat gurih, karena hampir tiap hari pasti ada sekolah atau kampus yang wisuda. 

26. Jualan Preset Lightroom

Sobat Irit pasti sudah nggak asing lagi mendengar aplikasi edit foto VSCO Cam, Picsart atau yang sedang naik daun seperti Lightroom. Dengan aplikasi editing tersebut kita bisa mengekspresikan kreativitas melalui presets atau filter. Kita bisa mengutak-atik filternya hingga menciptakan efek warna yang unik. Tahu nggak sih, ternyata banyak orang yang males buat ngedit sendiri filter di Lightroom. Ini bisa jadi peluang bisnis buat para pencari cuan seperti kalian. Kalau kalian hobi bereksperimen dengan Lightroom atau VSCO Cam, buatlah berbagai filter menarik. Kemudian kalian bisa menjual preset-preset tersebut di media sosial. 

Sumber Gambar: Flickr

27.Jasa Plus One 

Istilah plus one ditujukan pada orang yang kita ajak untuk menemani kita hadir dalam suatu acara. Contoh mudahnya, kamu pergi ke pesta resepsi seseorang dan kamu berangkat kesana dengan sahabat atau pacar kamu, mereka itu disebut Plus One. 

Atau bahasa ngetrennya gandengan. Di tengah banyaknya orang yang dikatain, truk aja gandengan masa kamu nggak? Kamu bisa hadir menawarkan solusi. Apalagi kalau bukan jadi pendamping ‘bayaran’, semacam film Love for Sale. Tentunya tidak seekstrim itu. Tapi lumayan kamu bisa menolong orang-orang yang butuh pendamping ke acara wisudaan, kondangan bahkan pas mudik Lebaran. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
WhatsApp chat
Irit Club
%d bloggers like this: