Gaya Hidup Minimalis Raditya Dika yang membuatmu kaya raya

hidup minimalis
Tips IritLeave a Comment on Gaya Hidup Minimalis Raditya Dika yang membuatmu kaya raya

Gaya Hidup Minimalis Raditya Dika yang membuatmu kaya raya

Gambar: https://cdn.idntimes.com

Siapa yang tak kenal Raditya Dika? Ya, dialah komika dan youtuber yang sukses di negara kita ini. Ternyata dalam dalam kehidupannya ia menerapkan gaya hidup minimalis yang menjadi tren di jepang lho. Maka dari itu Raditya Dika bisa kaya raya. Yuk, Kepoin gaya hidup kekinian ini!

Apa itu gaya hidup minimalis?

Gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang menekankan pentingnya kesederhanaan. Gaya hidup ini dipengaruhi oleh filosofi Zen.Zen merupakan salah satu ajaran Buddha yang mengajarkan kita untuk fokus pada kesederhanaan dan menjauhkan hal-hal yang kurang atau bahkan tidak penting.Esensinya adalah meninggalkan sifat konsumtif demi hidup yang lebih simple namun pastinya berkualitas.Gaya hidup ini memfokuskan untuk memaksimalkan penggunakan perabotan dan barang-barang yang akan benar-benar kita gunakan sehari-hari.

 So, guys udah pada paham kan apa itu gaya hidup minimalis? Ternyata gaya hidup ini banyak memiliki keuntungan lho. Khususnya untuk sobat-sobat yang ingin berhemat atau bahkan menabung. Bisa nih menjadi solusi bagi kalian semua sahabat minim budget. Sobat irit bisa merasa menjadi “kaya” bila mengikuti gaya hidup minimalis ini.

Apa aja sih keuntungan yang kita dapat dengan hidup minimalis?

  • Tak membutuhkan lahan luas untuk tempat tinggal

Orang yang menerapkan gaya hidup minimalis tak membutuhkan banyak banyak aksesoris di rumahnya yang bertujuan untuk estetika belaka. Sehingga mereka akan membeli perabotan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan saja. Dengan demikian ruang tinggal yang tersedia pun menjadi lebih lapang dan leluasa. Tempat tinggal yang kecil pun tak lagi menjadi persoalan. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa kos-kosan ataupun apartmen dapat diminimalisir.

  • Keuangan lebih tertata, hemat, dan bisa menabung

Bagaimana tidak? Pembelian barang-barang dalam prinsip hidup minimalis hanya didasarkan pada kebutuhan. Sehingga kamu tidak akan pernah membeli barang  berdasarkan keinginan belaka.Uang pun bisa lebih banyak dialokasikan untuk tabungan dana atau investasi, dibandingkan dengan membelanjakan barang lainnya.

  • Mendapatkan penghasilan dari barang-barang dijual

Saat memutuskan untuk hidup minimalis, mungkin banyak barang-barang yang tersisihkan karena tidak dibutuhkan lagi. Koleksi-koleksi pribadi menjadi tak penting lagi untuk disimpan.Alhasil barang-barang yang sudah tak dibutuhkan pun bisa menjadi pemasukan lebih untuk memenuhi gol hidup kamu yang lainnya. Kamu pun bisa menjadi lebih kaya.

  • Lebih fokus untuk bekerja

Karena kamu tidak memiliki banyak barang di rumah beres-beres pun menjadi hal yang mudah.Apabila tempat tinggal mu rapih stress pun akhirnya berkurang. Sehingga kamu bisa lebih fokus untuk bekerja. Pendapatanmu pun bisa bertambah bila kamu lebih fokus bekerja.

  • Membantu menyelesaikan masalah Hutang dan cicilan

Hutang memang menjadi momok menakutkan dan terkadang tak dapat dipisahkan dalam hidup kita sehari-hari. Hidup minimalis meminimalisir jumlah kebutuhan yang kamu beli dan otomatis kamu bisa fokus untuk menyeselaikan masalah hutang-hutang atau cicilan yang ada.

  • Membantu memprioritaskan pengeluaran

Seorang yang minimalis akan mengurangi kebiasaan berbelanja barang-barang yang baru dengan cara menggunakan barang-barang lama dan membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.Gaya hidup ini akan membuat seseorang lebih fokus pada segala hal yang benar-benar dibutuhkan dalam hidup. Pada akhirnya kamu pun tak lagi membuang-buang uang untuk berbelanja kebutuhan tersier.

  • Pikiran tenang dan nyaman

Rasa puas karena hidup dalam kondisi yang serba cukup pun akan muncul dalam benak seorang minimalis. Sehingga keinginan untuk menghambur – hamburkan uang demi barang yang sebetulnya tak diperlukan dapat diatasi. Pada akhirnya kita akan selalu merasa tenang dan nyaman karena merasa berkecukupan dan tak lagi tergoda untuk membeli hanya berdasarkan keinginan semata.

Ternyata banyak kan keuntungan yang bisa diraih dari hidup minimalis. Yuk, mulai gaya hidup minimalis dari sekarang!

Berikut ini mimin sediakan langkah dan tips memulai hidup minimalis

  • Mulai menyortir barang

Menyingkirkan barang-barang berlebih sisa dari perilaku konsumtif kita merupakan hal pertama yang bisa kita lakukan.Selama ini kita seringkali membeli barang yang serupa bentuk dan fungsinya. Ada pula barang yang tak berguna lagi namun kamu memiliki keterikatan dengan benda tersebut.Hidup minimalis berarti merelakan keterikatan emosionalmu terhadap barang-barang tersebut.Karena tanpa disadari kita akan menumpuk barang-barang itu sehingga waktu,pikiran,dan tenaga pun terbuang mengurusi barang itu.Ingatlah, mereka hanya sekumpulan benda mati yang seharusnya mempermudah kehidupanmu, bukan sebaliknya . So, ambillah kardus dan segera sortir dan singkirkan benda-benda itu.

  • Terapkan 90/90 rule

Ini merupakan aturan yang perlu diterapkan untuk dapat memulai hidup minimalis. Ketika kamu melihat sebuah barang, ingatlah apakah barang tersebut pernah digunakan dalam 90 hari terakhir? Jika belum pernah, apakah akan kamu pakai 90 hari selanjutnya? Bila tidak, artinya barang tersebut tidak kamu butuhkan.

  • Mulailah menabung

Menabung adalah salah satu langkah untuk memulai hidup minimalis. Langkah ini mengajarkan kita untuk berhemat dan semakin hemat semakin sederhana hidupmu.

  • Tak perlu malu untuk meminjam

Daripada menghabiskan uang untuk barang yang hendak kamu gunakan 1x saja dan nantinya akan ditumpuk lebih baik kamu meminjam.

  • Membeli barang sesuai kualitas

Barang-barang berkualitas tinggi biasanya memiliki masa pemakaian yang lebih lama. Bayangkan bila kamu membeli barang murah tak berkualitas asal dapat banyak. Pada akhirnya kamu harus mengganti barang itu dalam jangka waktu yang singkat. Sungguhlah pemborosan dan tidak efisien.

  • Tulislah alasan yang jelas

Alasan – alasan ini akan mengingatkan kamu seberapa pentingnya hidup minimalisme itu bagi kamu. Semangat untuk melanjutkan gaya minimalis pun semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
WhatsApp chat
Irit Club
%d bloggers like this: