30 Tips Survive dengan Gajimu Sampai Akhir Bulan

Tips Irit3 Comments on 30 Tips Survive dengan Gajimu Sampai Akhir Bulan

30 Tips Survive dengan Gajimu Sampai Akhir Bulan

Seberapa sering keinginanmu untuk menabung jadi tertunda? Padahal kamu sudah berkomitmen untuk lebih berhemat di awal bulan namun tetap saja uangmu menguap tanpa sebab jelas karena pola hidup boros.Tekad di awal bulan untuk mulai hidup hemat berakhir jadi wacana semata karena banyak promo diskon menggiurkan, ajakan hangout, lapar mata,dan banyak faktor lainnya. Perlu kamu tahu ternyata ada lho cara-cara hidup hemat tanpa menyiksa dan tetap gaya. Kamu tetap bisa bersenang-senang meskipun hidupmu on budget. Berikut ada 30 tips survive dengan gajimu sampai akhir bulan, khusus buat para Sobat Irit.

1. Berhenti Merokok

Siapapun mengetahui bahaya dari merokok bukan? Selain berbahaya merokok pun membuatmu menjadi boros. Dengan asumsi sebungkus rokok dihabiskan setiap 2 hari sekali, kamu bisa menghemat sampai Rp 420.000,- dalam sebulan bila kamu berhenti merokok. Lumayan kan? Selain hemat kamu pun menjadi lebih sehat. Jika berhenti total agak susah dilakukan, bisa mulai dengan menguranginya.

2. Lihat Lagi Akun Langgananmu

Banyaknya konten-konten on-demand semacam Spotify, Netflix, Amazon Prime, Apple Music, dan banyak yang lainnya membuat kita seringkali dengan gampangnya subscribe sana-sini. Padahal apakah kita memang menonton tayangan Netflix yang sudah kita bayar? Bila tidak digunakan lebih dari 15 kali dalam sebulan ada baiknya kita berhenti langganan. Selain itu banyak juga yang menyediakan family plan dengan biaya lebih murah. Kalau dirasa family plan lebih menguntungkan kenapa tidak kita coba?

30 Tips Survive dengan Gajimu Sampai Akhir Bulan
Sumber Gambar : Pexels

3. Gunakan Reward atau Manfaatkan Fasilitas Member

Toko dan restoran favorit kita terkadang menawarkan fasilitas member yang memiliki berbagai keuntungan. Gunakanlah kesempatan ini untuk mendapatkan reward dari fasilitas menjadi member mereka. Pastilah banyak penawaran dan diskon menarik yang dapat membantumu berhemat di bulan ini.

4. Siapkan Celengan Uang Kembalian

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Inilah kata-kata yang sering kita dengar sejak kecil. Banyak yang meremehkan recehan karena dirasa sudah tidak berarti. Padahal daripada berceceran lebih baik ditabung. Menabung recehan ini mengajarkan kamu juga untuk menghargai hal-hal kecil yang pada akhirnya bisa juga berguna di kemudian hari. Ini juga mengajarkan kebiasaan disiplin pada diri kamu.

5. Gunakan Transportasi Umum ke Kantor Selama Seminggu

Tarif kendaraan umum saat ini bisa dibilang murah dan terjangkau. Apalagi dengan tersedianya berbagai moda transportasi publik seperti KRL atau Transjakarta. Coba bandingkan uang yang harus kamu keluarkan untuk membeli bensin,bayar tol,belum lagi uang parkir.Kamu pun bisa terbebas dari bermacet-macetan. Ayo coba naik transportasi umum meski cuma seminggu, mimin yakin kamu pasti bisa!

30 Tips Survive Dengan Gajimu Sampai Akhir Bulan
Sumber Gambar : Jakarta by Train




6. Cek Promo dari Provider dan Berburu Kuota Murah

Bila kamu belum beruntung karena tidak memiliki koneksi wifi tanpa batas di tempat tinggalmu, sering-sering lah lihat opsi dari provider lain dan sedikit tips kamu juga bisa membeli modem yang dipasangkan dengan paket internet yang masa aktifnya akan
habis. Kamu bisa mendapatkan harga Rp 10.000 untuk kuota sebanyak 3 GB. Cukup murah bukan?

7. Tentukan Tujuanmu Menabung

Tulis seberapa banyak yang ingin kamu tabung, untuk apa tabungan tersebut, dan yang tak kalah penting mengapa kamu ingin menabung. Tentukanlah tujuan yang spesifik. Sebagai contoh, jangan cuma membuat tujuan seperti ‘saya ingin menabung untuk DP rumah di Jakarta’, tapi buatlah lebih spesifik seperti ‘saya ingin menabung untuk DP rumah di Jakarta sebelum umur saya menginjak 30 tahun’. Tujuan yang spesifik lebih memberikan semangat pada kamu untuk kedepannya dan menjadi lebih disiplin saat menabung.

8. Segera Pisahkan Uang yang Ingin Kamu Tabung

Banyak orang yang ingin menabung namun seringkali tak tercapai. Salah satunya karena caranya yang salah. Menabung harus dilakukan di awal bukan di akhir. Saat kamu menerima gaji langsung sisihkan sebagian gajimu untuk menabung. Bukan dengan melihat berapa sisa yang bisa ditabung.

9. Menjaga Kesehatan

Hidup yang sehat akan meminimalisir kemungkinan untuk kamu terjangkit penyakit yang membutuhkan biaya dokter atau perawatan di rumah sakit. Sudah jelas, apabila kamu membutuhkan dokter kedepannya biaya yang harus dikeluarkan pun jumlahnya relatif  tidak sedikit. Jadi tidak ada salahnya untuk memulai pola hidup sehat bila ingin berhemat.

10. Cuci Sendiri Lebih Baik Daripada Laundry

Laundry murah memang banyak bertebaran. Namun tidak ada yang lebih murah daripada mencuci pakaianmu sendiri. Luangkan waktu untuk mencuci pakaian setidaknya sekali dalam satu minggu. Hitung-hitung berolahraga juga. Jadi sekali merengkuh dayung, dua tiga pakaian bisa dicuci tanpa harus laundry.

11. Coba Clothes-Swap

Jujur saja, tiap kali mau kondangan atupun interview kerja pasti aja pengen beli blazer,dress ,kebaya atau sepatu. Untungnya mimin ada punya saudara yang ukuran badannya hampir sama jadi masih bisa tuker tukeran baju deh. Duitnya bisa kamu tabung, kan?

12. Bikin Garage Sale

Buka lemari dan kuras baju yang sudah jarang dipakai. Begini aturan mainnya, baju yang boleh kamu simpan di lemari adalah yang pernah lo kenakan selama setahun terakhir. Lalu bagaimana dengan sisanya? Jual saja di e-commerce atau buka garage sale gitu di car freeday (CFD) siapa tahu ketemu jodoh. Kalau memang nggak pengen jual, bisa didonasikan lumayan kan nambah pahala .

13. Biasakan Bawa Pouch

Khusus buat kaum perempuan, berapa kali kamu terpaksa membeli pembalut ekstra saat tiba-tiba menstruasi?
Padahal stok pembalut di rumah masih menumpuk. Nah, biar hal itu tak terjadi biasakan untuk membawa pouch berisi pembalut juga beberapa obat-obatan penting. Supaya tidak perlu keluar uang dan bisa lebih hemat.

14. Coba Masak

Jajan makanan di luar memang terdengar enak dan praktis. But, kalau dihitung-hitung kebiasaan yang satu ini jauh lebih mahal dibandingkan kalau memasak sendiri lho. Coba deh lakukan meal prepping, metode memasak yang mudah, praktis, dan tak memakan banyak waktu.  Hanya bermodal food wrap dan mangkok, lumayan kan bisa pamer ke pacar kalau kamu ternyata bisa masak.

15. Berhenti Minum Alkohol

Konsumsi minuman keras membutuhkan biaya yang mahal dan membahayakan tubuh jika dosisnya berlebihan. Daripada mengambil risiko besar untuk kesehatan dan ngabisin kocek, lebih baik uangnya kamu transfer ke rekening mimin. Becanda deng. Lebih baik alokasikan dana tipsymu itu untuk asuransi jiwa atau hal lainnya yang berguna bagi dirimu dan masa depanmu. 

16. Buat Daftar yang Ingin Dibeli Sebelum Belanja

Faktanya, kita bakalan lebih mudah khilaf ketika belanja di supermarket. Niatnya sih cuma beli yoghurt dan granola buat sarapan, ujung-ujungnya beli koper, pembersih lantai, sabun mandi, sampai kamper. Padahal stok di rumah masih ada. Gimana dong ya liat harga pada diskon bikin gatel buat beli. Jadi buatlah dulu daftar belanja dan patuhi daftarmu itu.

17. Belanja Saat Kamu Kenyang

Menurut penelitian dari University of Minnesota’s Carlson School of Management, lapar membuat lo lebih ingin memiliki sesuatu. Yes, lo akan lebih tergoda untuk membeli barang saat sedang laper! Jadi, pastikan perut lo kenyang yee pas belanja.

18. Tambahkan Hari Vegetarian

Untuk menghemat biaya pembelian daging,kamu bisa menentukan hari-hari di mana kamu makan sayuran dan buah-buahan saja dengan biaya yang lebih murah. Selain itu membuat tubuhmu lebih sehat karena hitung-hitung kamu melakukan detoksifikasi.

19. Temukan Hobi yang Tidak Mengeluarkan Uang

Punya hobi memang menyenangkan. Tapi ada baiknya kita selektif pilih hobi yang tidak perlumenghabiskan uang dalam jumlah besar. Misalnya hobi jalan-jalan yang bisa kamu lakukan di taman kota atau museum. Sambil olahraga dapat ilmu juga. Atau hobi mempraktekkan resep-resep masakan sederhana dengan biaya murah.

20. Ganti Keanggotaan Gym

Nge-gym menjadi salah satu jenis olahraga favorit penduduk kota metropolitan. Tempat gym umumnya menyediakan aneka peralatan
lengkap dengan instruktur yang dapat memandumu menggunakan alat-alatnya. Masalahnya, dengan iuran keanggotaan yang kamu bayar setiap bulan, apakah kamu memang rutin datang ke tempat gym?
Coba hitung berapa kali kamu benar-benar datang dalam sebulan? Apalagi kalau tempatnya lumayan jauh dari lokasi tinggalmu, makin mager kan buat datang. Coba deh kamu pertimbangkan alternatif olahraga lain selain gym, misalnya jogging, bersepeda atau freeletics. Apalagi, sekarang
sudah banyak aplikasi smartphone yang bisa membantumu berolahraga.

21. Weekend Libur Nge-Mall

Siapa sih yang nggak doyan ngeMall di kala weekend tiba? Udah tempatnya adem, nggak perlu panas-panasan, bisa sekalian windows shopping. Paling
cuma perlu modal buat jajan boba atau es kopi susu kekinian. Yah kalau
khilaf-khilaf dikit bolehlah belanja. Pantes aja itu uang larinya kenceng banget dari dompet. Tinggal di Jakarta yang dikelilingi dengan pusat-pusat
perbelanjaan memang ngeri-ngeri sedap. Nah, sebagai bentuk kasih sayang ke rekeningmu, nggak ada salahnya mencoba libur nge-Mall. Terus ngapain dong? Banyak pilihan selain Mall di Jakarta. Misalnya kamu bisa datang ke Monas alias Monumen Nasional. Di sekitaran Monas sendiri kamu bisa mengunjungi Perpustakaan Nasional RI atau Galeri Nasional Jakarta. Kalau Minggu pagi main aja ke car free day sepanjang jalan Thamrin sampai Bundaran HI.

22. Catat Setiap Pengeluaran

Mencatat pengeluaran memang satu hal dianggap cukup ribet. Mungkin satu dua hari kita masih betah mencatat pengeluaran. Tapi lama-lama kita mikir, ah udahlah nggak usah dicatat. Padahal kebiasaan ini sangat bermanfaat untuk memonitor kemana saja larinya uang kita. Kita jadi tahu kebiasaan belanja yang sering dilakukan.Paling banyak uang kita habis untuk apa. Bahkan kadang yang terlihat recehan-recehan itu ternyata lumayan banyak juga kalau ditotal. So, selalu catat pengeluaran kalian. Bisa pakai template berupa Excel atau unduh aplikasi untuk smartphone yang mempermudah kita dalam mencatat pengeluaran harian.

23. Kurangi Minuman Kemasan

Nikmat memang, siang-siang pas lagi panas terik terus kita menyeruput minuman manis dingin. Slurrpp… Ahh… Wah luar biasa deh rasanya. Tapi kalau dipikir-pikir nikmatnya cuma sesaat. Sisanya untuk jangka panjang kalau kebanyakan minuman kemasan jatuhnya nggak sehat. Nggak sehat buat kantong juga bagi tubuh. Amit-amit kan kalau harus bayar mahal buat pengobatan. Penyesalan memang datangnya belakangan sih, kalau di depan namanya pendaftaran. Oke jadi dari sekarang baiknya kita mulai singkirkan segala merek teh kemasan, soda, kopi, thai tea, cheese
tea 
dan kawan-kawannya. Ganti dengan air mineral.

24. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Apa kamu punya tumpukan barang yang tidak terpakai di rumah? Punya sepasang sepatu yang cuma dipakai satu kali terus jarang dipakai karena lupa. Atau malah baju-baju hasil berburu diskonan yang belum sempat dipakai. Kalau jawabannya iya, sebaiknya kamu menjualnya secara online. Selain membantu mengurangi jumlah barang di dalam kamarmu, kamu jadi mendapatkan uang tambahan untuk berbelanja barang lain lagi. Ha ha. Bukan … kamu jadi punya tambahan dana darurat untuk disimpan. Tapi sebelum menjual barang-barangmu pastikan memang masih layak pakai.

25. Bawa Tumbler

Setelah terbiasa dengan mengurangi konsumsi minuman manis. Ada baiknya kita mulai membiasakan diri membawa tumbler kemanapun kita
pergi. Bukan tumblr buat tempat nulis blog, tapi tumbler tempat minum itu lho. Kenapa? Karena tanpa kita sadari dengan mengurangi pembelian air mineral kemasan kita sudah bisa berhemat juga. Uangnya bisa dialokasikan ke dalam tabungan atau untuk kebutuhan lain. Setiap makan siang coba deh bawa tumblermu sendiri. Di awal memang berat membiasakan diri, tapi lama-lama kamu secara otomatis pasti memilih bawa tumbler ketimbang harus beli minum di luar.

26. Evaluasi Anggaran Bulanan

Setiap awal bulan setelah terima gaji, coba cek ulang anggaran bulanan yang sudah kita buat. Siapa tahu ada pos-pos yang perlu ditambahkan atau dikurangi. Cek juga apakah pengeluaran kita bulan sebelumnya sudah sesuai dengan anggaran yang kita buat. Jangan-jangan ada keran yang bocor tanpa disadar. Atau kita sampai harus mengambil tabungan karena kekurangan uang. Selalu lakukan evaluasi rutin, sehingga kita juga tahu apakah target keuangan kita sudah terpenuhi.

27. Segera Lunasi Hutang

Punya tagihan kartu kredit dan sederet paylater lainnya?
Buruan lunasin hutangmu. Jangan karena bisa bayar minimalnya saja terus kita memilih yang paling gampang. Lebih baik kencangkan ikat pinggang sekarang, daripada karena menunda bayar tahu-tahu hutang kita sudah menumpuk. Hal ini berlaku juga dengan hutang ke teman atau bahkan orangtua, segera lunasi begitu ada uangnya. Sifat yang menggampangkan itu akan menyusahkan kita sendiri nantinya.

28. Tunda Checkout Keranjang Belanja

Belanja jaman sekarang memang makin enak. Nggak usah pegel muter-muter toko buat mendapatkan barang yang kita mau. Eits tapi justru karena segampang itu belanja, segampang itu juga kita transfer buat bayar. Nah setiap kali kamu punya barang keinginan di e-commerce favoritmu, jangan buru-buru checkout keranjang belanja. Coba kamu tunggu dulu beberapa hari, kalau ternyata kamu masih kepikiran boleh deh kamu benar-benar membelinya.

29. Jauhi Flash Sale

Flash sale sering diadakan di sekitar tanggal gajian atau di tanggal-tanggal cantik. Tujuannya jelas, supaya banyak yang berminat. Memang kesempatan dapat diskon gede atau ‘mumpung murah’ ini membuat kita jadi sulit untuk menimbang dan berpikir panjang. Oleh karena itu sering-seringlah berdoa agak dijauhkan dari godaan flash sale yang terkutuk. Yang barangnya sebetulnya kita nggak butuh-butuh amat.

30. Rawat Barang-barangmu

Rawat barang-barangmu seperti tas, sepatu dan baju secara berkala. Misalnya dengan mencuci, menjemur atau membersihkan noda-nodanya. Lakukan servis rutin untuk kendaraan bermotor milikmu. Bawa motor atau mobilmu ke bengkel sesuai jadwal. Jangan tunggu rusak atau tidak enak digunakan. Dengan merawat akan memperpanjang usia pemakaian barang-barang tersebut sehingga tidak perlu keluar biaya lagi untuk membeli yang baru. 

3 thoughts on “30 Tips Survive dengan Gajimu Sampai Akhir Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
WhatsApp chat
Irit Club
%d bloggers like this: